Wisata Air Embung Tambakboyo

Wisata Air Embung Tambakboyo

Wisata Air Embung TambakboyoBanyak orang yang berpikir bahwa untuk menikmati wisata air di Yogyakarta, mereka harus berkunjung ke salah satu pantai di Gunungkidul. Padahal, sebenarnya, ada wisata air yang letaknya sangat dekat dengan pusat kota Yogyakarta. Para wisatawan yang ingin menikmati wisata air tanpa harus menempuh perjalanan yang jauh dapat berkunjung ke Wisata Air Embung Tambakboyo. Dari nama obyek wisata air ini, kita dapat dengan mudah menebak lokasinya. Memang, obyek wisata air ini letaknya di Dusun Tambakboyo, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Sampai sekarang masih banyak orang yang bahkan belum pernah mendengar tentang obyek wisata air ini. Ini dapat dimaklumi karena memang obyek wisata air ini baru dibangun pada tahun 2003, dan tidak didukung dengan promosi yang memadai.

Sebenarnya Embung Tambakboyo terletak di antara tiga Desa yaitu Condongcatur, Maguwo dan Wedomartani. Wisata Air Embung Tambakboyo sebenarnya bukan murni obyek wisata. Embung Tambakboyo adalah sebuah waduk yang luasnya sekitar 7,8 ha, dan volume tampungannya sekitar 400.000 m3. Berkat adanya waduk ini, penduduk sekitar tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan air. Setiap musim kemarau datang, mereka tidak perlu lagi menyuntik sumur. Walaupun fungsi utama Embung Tambakboyo adalah untuk menyimpan cadangan dan resapan air tanah, waduk ini dapat menjadi obyek wisata air yang menarik. Disana, para pengunjung dapat berolahraga, memancing, piknik, atau sekedar bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar.

Wisata Air Embung Tambakboyo sunset

Letak Wisata Air Embung Tambakboyo tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Selain itu, lokasi obyek wisata air ini sangat mudah untuk dijangkau, baik dengan kendaraan umum, ataupun kendaraan pribadi. Letak Embung Tambakboyo sekitar 1,5 kilometer di sebelah utara perempatan ring road UPN Veteran Yogyakarta. Jadi, para wisatawan yang ingin berkunjung ke obyek wisata air tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh. Bahkan, mereka dapat mengendarai sepeda ke Embung Tambakboyo. Lalu, saat sampai di waduk tersebut, mereka dapat bersepeda santai dan menikmati pemandangan yang unik. Di sekitar waduk ada banyak pepohonan yang hijau, sehingga udara di sekitar waduk segar dan ada banyak tempat berteduh.

Baca!  Mendaki Gunung Purba Nglanggeran

Ada berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan saat mereka sedang berada di Wisata Air Embung Tambakboyo. Para wisatawan yang gemar memancing dapat memancing ikan. Di waduk ini, ada ikan nila, wader, kotes, dan sepat. Lalu, mereka dapat membakar ikan-ikan hasil tangkapan mereka di salah satu warung yang ada di sekitar waduk tersebut. Embung Tambakboyo juga merupakan obyek wisata yang sangat pas bagi para wisatawan yang menggemari olahraga air. Di waduk ini, mereka dapat mendayung kano, menyewa jet ski, dan sebagainya. Embung Tambakboyo adalah obyek wisata air yang murah meriah. Tiket masuk ke waduk ini hanya Rp. 1000,- saja. Beberapa fasilitas yang tersedia di waduk ini antara lain adalah toilet umum, warung-warung makan, dan areal parkir yang memadai.

One thought on “Wisata Air Embung Tambakboyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *