Taman Sungai Mudal, Pesona Taman di Tengah Air Terjun

Mudal3

 

Tak habis jika berbicara tentang tempat wisata di Yogyakarta, baru sekitar pertengahan tahun 2015 pemerintah daerah bersama masyarakat setempat meresmikan obyek wisata Taman Sungai Mudal. Berawal dari kesadaran warga sekitar untuk menjaga dan melestarikan sungai dilakukan lah pembersihan sungai sepanjang 600 meter, bebatuan kapur yang berada di area sungai pun mulai di tata sedemikian rupa. Perlahan – lahan sungai pun mulai terlihat indah dan banyak dikunjungi. Kini selain menjadi tempat wisata area air terjun ini juga bisa digunakan sebagai tempat outbound. Terletak di Dusun Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Taman Sungai Mudal berada tepat diatas 2 destinasi wisata Air Terjun lainnya yaitu Air Terjun Kembang Soka dan Kedung Pedut.

 

Mudal4

 

Sumber mata air Sungai Mudal sendiri berasal dari mata air Pegunungan Menoreh, jadi meskipun Hujan Air yang mengalir di Air Terjun ini tetap terjaga kejernihannya. Penyebutan ‘Taman’ sendiri bukan tanpa alasan, tempat ini memiliki susasana yang alami, asri serta banyak tumbuhan – tumbuhan baik yang tumbuh secara liar maupun yang ditaman untuk mempercantik lokasi wisata ini.

 

mudal5

 

Sesampainya di lokasi,  pengunjung langsung disuguhi jembatan yang terbuat dari bambu. Di bawahnya terdapat air terjun, ada kolam alami sedalam satu meter yang cocok digunakan untuk pengunjung yang membawa anak – anaknya dan ingin mencoba berenang. Sedangkan menuju ke bawah, terdapat air terjun dengan intenstitas yang cukup tinggi dan biasa digunakan untuk spot ber – selfie ria. Di bawahnya lagi terdapat dua  kolam alami dengan kedalaman sekitar dua meter dan biasa digunakan berenang untuk orang  dewasa.

 

Mudal2

 

Fasilitas di taman ini sudah cukup lengkap walaupun belum maksimal, tersedia kamar mandi dan tempat istirahat berupa gazebo. Di sekitar Taman Sungai Mudal sudah terdapat juga beberapa penjual makanan ringan dan makanan khas kulon progo seperti geblek dan tempe benguk. Di sini juga menyediakan wahana permainan flying fox yang melewati aliran air terjun dan kolam alami diatas lokasi wisata. Untuk tarif nya 15.000 setiap orang nya. Hanya saja untuk fasilitas menginap dan homestay masih dalam proses lebih lanjut. Untuk tetap menjaga kebersihan tempat sampah pun tersebar di beberapa titik. Jadi bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini di harapkan untuk membuang sampah bekas bungkus makanan dan minuman di tempat sampah agar kebersihan selalu terjaga.

Baca!  Cave Tubing Kalisuci, Susur Sungai Bawah Tanah

 

Mudal

 

Dari kota Jogja dapat di tempuh selama kurang lebih 1.5 jam dengan jarak tempuh sekitar 35 KM,  ambil arah menuju perempatan Demak Ijo ringroad barat, dari perempatan ambil ke arah jalan Godean (arah barat) dari sini kita tidak usah berbelok jika menemukan persimpangan. Menyelusuri jalan Godean kita akan melewati pasar Godean, Sungai Progo, dan sampai di pemandangan sawah-sawah dan Pegunungan Menorehnya Kulonprogo. Mulai dari sini jalan akan menanjak dan berkelok serta mempunyai pemandangan indah. Setelah melewati jalan menanjak berkelok, kita akan menemukan pertigaan mentok, ambil kanan menuju arah Goa Kiskendo. Nanti anda akan melewati pasar Jonggrangan yang mana didekat sana ada jalan menuju air terjun Setawing dan Air Terjun Grojogan Sewu. Jika menemu persimpangan jalan ambil yang mengarah kea rah Goa Kiskendo. Setelah melewati Goa akan ada pertigaan dengan pemandangan hutan pinus, ambil kiri yang mengarah kea rah Kokap. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan jembatan yang ada papan petunjuk jalan ke arah air terjun Mudal. Dari papan petunjuk tersebut kita tinggal mengikutinya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *