Serunya Rafting Kali Oyo

Serunya Rafting Kali Oyo

Serunya Rafting Kali Oyo

Banyak orang yang beranggapan bahwa seluruh daerah Gunungkidul adalah tempat yang kering. Padahal, ada tempat-tempat tertentu di daerah Gunungkidul yang hijau dan subur. Bahkan, para wisatawan yang berkunjung kesana dapat melakukan rafting. Salah satu tempat di Gunungkidul yang pas bagi para penggemar rafting adalah Kali Oyo. Sungai ini terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kabupatan Gunungkidul. Lokasi sungai ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Untuk sampai ke sungai ini, rute yang harus dilewati adalah Jl Wonosari, Bukit Bintang, bundaran SPBU Siyono, perempatan Grogol, dan Balai Desa Bejiharjo. Biasanya di depan gang yang menuju ke Gua Pindul ada beberapa pemuda yang akan menunjukkan letak sekretariat. Sebelum berangkat, barang-barang dapat dititipkan disana.

Rafting Kali Oyo bukanlah rafting biasa yang menggunakan perahu karet. Rafting di sungai ini adalah rafting yang hanya menggunakan ban dalam. Jadi, para peserta yang mengikuti rafting ini akan terapung-apung mengikuti arus sungai Kali Oyo, diatas pelampung untuk satu orang. Panjang sungai yang diarungi selama rafting sekitar 1,5 kilometer. Untuk mengarungi lintasan sepanjang 1,5 kilometer ini dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Jadi, walaupun lintasannya pendek, rafting di sungai ini durasinya cukup lama. Tapi, biasanya para peserta tidak merasa bahwa durasi dari rafting ini cukup lama karena bermain-main air sembari menikmati pemandangan alam yang indah sangat menyenangkan. Walaupun rafting di sungai ini terlihat sederhana, para peserta dilengkapi dengan peralatan yang memadai. Selain itu, mereka juga didampingi oleh pemandu. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Rafting Kali Oyo adalah rafting yang santai. Para wisatawan yang mengikuti rafting dapat bersantai sembari terapung-apung di sungai. Rute rafting di sungai ini melewati sebuah tebing yang cukup tinggi. Para peserta rafting yang ingin merasakan petualangan yang menegangkan dapat melompat dari tebing tersebut. Hanya saja, mereka harus berhati-hati, jangan sampai menceburkan diri dengan posisi yang salah. Rute Rafting Kali Oyo juga melewati air terjun yang indah. Di dekat air terjun ini biasanya para peserta menghabiskan banyak waktu untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Arus air di sungai ini tidak selalu tenang. Di saat musim penghujan, biasanya arus sungai cukup deras, dan rafting pun menjadi jauh lebih menegangkan.

Baca!  Candi Abang, Mirip Bukit Teletubbies

Paket Rafting Kali Oyo tidak mahal. Biaya untuk mengikuti paket ini hanya Rp. 45.000,- saja per orang. Biaya ini sudah termasuk pinjaman perlengkapan rafting, jasa pemandu, transportasi, dan asuransi. Tidak ada persyaratan khusus bagi mereka yang ingin mengikuti rafting. Hanya saja, para peserta harus dalam rombongan dengan jumlah minimal 5 orang. Para wisatawan yang datang dalam rombongan yang jumlah anggotanya kurang dari 5 orang biasanya digabungkan dengan rombongan wisatawan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *