Pantai Ngelambor, Indahnya ‘Aquarium’ Bawah Laut

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat pantai selatan pulau jawa memiliki karateristik ombak yang besar, sehingga tidak jarang pengunjung menemukan peringatan dilarang mandi di hampir semua pantai yang ada di selatan pulau jawa. Namun itu tidak berlaku di pantai yang satu ini. Pantai Nglabor yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul ini aman dari ombak khas laut selatan. Pantai Nglambor di kelilingi oleh dua bukit kapur yang mempesona. Dan dilindungi oleh 2 karang besar berada tepat di depan bibir pantai yang berbentuk seperti sepasang kura – kura dan warga sekitar menyebutnya dengan Watu Kalong dan Watu Kuntul.

 

nglambor3

 

Keberadaannya pun menjadi penting di pantai ini karena dapat memecah ombak besar yang datang, sehingga pengunjung yang bermain air di pantai ini akan aman dari arus deras dan dapat leluasa untuk bermain air tanpa takut terseret ombak. Keistimewaan selanjutnya yang diberikan pantai ini adalah fasilitas snorkeling, Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi terbaik bagi penggila snorkeling karena tidak perlu jauh – jauh ke tengah pantai pengunjung sudah bisa menikmati batu karang dan biota laut lainnya dengan aman.

 

nglambor4

 

Peralatan guna mendukung aktivitas snorkeling pun sudah tersedia di tempat ini. pengunjung cukup menyewa dengan harga Rp 50.000 saja. Sudah termasuk fasilitas yang di dapat yaitu Masker, Snorkel, Sepatu Karet (Bukan Fins) , life jacket (Pelampung), guide, foto under water & Up Water 3-5 take /orang,  welcome drik (Hot Tea), Ruang Ganti, Mushola dan Penitipan Barang. Semua sudah menjadi satu paket jadi pengunjung cukup membawa ganti pakaian saja. Ada baiknya sebelum memutuskan untuk berangkat ke Pantai Nglambor dan memang berniat untuk ber-snorkeling ria ada baiknya konfirmasi terlebih dahulu kepada tempat persewaan agar tidak mengantri ataupun memilih waktu yang tepat. Konfirmasi dapat melalui website www.pantainglambor.com.

Baca!  Pantai Depok, Surganya Penggemar Seafood di Yoryakarta

 

nglambor2

 

Terdapat tradisi yang biasa dilakukan warga setempat setiap satu tahun sekali, Tradisi upacara sedekah laut Ngalangi pun juga dilakukan di pantai ini. “Ngalangi” dalam bahasa Jawa berarti menghalangi atau melarang. Masyarakat sekitar pantai Nglambor melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai kecuali sekali dalam setahun, di luar musim pemijahan ikan. Prosesi penangkapan ikan pun hanya bisa dilakukan dengan menggunakan gawar, semacam jaring dari akar pohon wawar yang dipancangkan dan dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat.

 

nglambor

 

Jalan menuju pantai ini hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Jadi bagi pengunjung yang menggunakan roda empat, harus parkir terlebih dahulu di lokasi yang sudah disediakan. Jarak dari area parkir roda 4 dengan bibir pantai sekitar 1 KM atau 15 menit perjalanan. Jalan menuju pantai pun tidak halus, karena masih berupa bebatuan dan tanah. Jika pengunjung enggan berjalan kaki, tepat di area parkir roda 4 berjajar motor – motor ojek yang siap mengantar anda menuju pantai dengan tarif mulai Rp 5.000. Untuk mencapai Pantai Nglambor wisatawan bisa melewati jl. Wonosari menuju pantai Baron. Perjalanan untuk mencapai Pantai Baron cukup mudah karena sudah banyak petunjuk jalan yang akan membantu sampai tujuan. Sesampainya di Pantai Baron langsung mengikuti petunjuk jalan ke Pantai Siung, sesampainya di pos retribusi Pantai Siung, pengunjung akan bertemu dengan pertigaan. Ambil arah ke kanan mengikuti pertigaan dengan jalur makadam, Pantai Nglambor ada di ujung jalan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *