Pantai Kesirat, Menikmati Indahnya Laut Selatan Dari Atas Bukit

Merasakan sensasi baru dalam menikmati keindahan laut di atas perbukitan tentunya merupakan pengalaman yang perlu anda coba. Berada di kawasan Gunungkidul salah satu pantai tak berpasir ini perlu anda sambangi ketika anda berlibur ke Jogjakarta. Pantai Kesirat atau Gesirat merupakan destinasi wisata yang masih belum banyak diketahui para wisatawan, sehingga anda dapat dengan leluasa menikmati pemandangan indahnya laut di atas bukit tanpa ada yang mengganggu layaknya pantai milik pribadi.

Pantai dengan pemandangan tebing yang menjorok langsung ke laut ini pastinya memberikan sensasi baru bagi anda. Barisan tebing hijau yang terhampar kontras dengan pemandangan birunya laut yang memanjakan mata, cocok untuk dijadikan tempat pengusir penat anda.

Source by: piknikdong
Source by: piknikdong

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Kesirat  

Meski pantai ini tidak berpasir layaknya pantai pada umumnya, Pantai Kesirat ini tetap dapat menyajikan pemandangan yang luar biasa dari atas bukit yang menjulang. Pantai Kesirat, menikmati indahnya laut Selatan dari atas bukit tentunya akan menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan bagi anda. Di sini anda dapat menenangkan diri dan menikmati suara deburan ombak yang menghantam pinggiran tebing. Tak lupa anda juga akan mendapatkan pemandangan matahari terbit terbaik yang dapat anda lihat tanpa terhalang apapun.

Jika anda ingin berlama-lama berada di Pantai Kesirat ini anda juga dapat mendirikan tenda dan berkemah di atas bukit yang menjulang ke laut ini. Hamparan bukit hijau yang luas akan menjadi lahan terbaik anda ketika mendirikan kemah di bukit yang memiliki panorama laut ini. Pada saat malam tiba anda juga dapat melihat gugusan bima sakti yang terbentang di langit malam gelap dengan diiringin suara deburan ombak yang membuat suasana semakin menenangkan.

Baca!  Pantai Jogan: Gabungan Antara Pantai dan Air Terjun
Source by: catatannobi
Source by: catatannobi

Untuk membuat kemah anda semakin berkesan di Pantai Kesirat ini juga anda dapat memancing dari atas bukit untuk mendapatkan hasil tangkapan yang dijadikan hidangan makan malam. Dan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Kesirat yaitu sebagai spot terbaik bagi para pemancing dan juga lahan basah bagi para nelayan. Jika anda beruntung anda akan bisa melihat bagaimana para nelayan memasang jaring untuk mendapatkan ikan di pantai ini. Selain itu ada pula yang memasang beberapa jebakan untuk memperoleh lobster yang ada di bawah tebing dengan alat seadanya yang dapat dibilang cukup ekstrim.

Bagi anda yang hanya ingin menikmati pemandangan indah panta Kesirat tanpa berkemah maupun memancing, jangan lupa sempatkan pula untuk mengambil foto dengan panorama pantai yang indah ini. Di sini juga terdapat pohon tunggal atau satu-satunya yang tumbuh di pantai Kesirat yang dinamakan oleh penduduk sekitar sebagai pohon Gebangkoro. Pohon Gebangkoro ini juga merupakan spot terbaik dan terfavorit untuk berfoto ria yang ada di Pantai Kesirat.

Source by: evangepeng
Source by: evangepeng

Selain itu anda juga jangan berharap dapat berenang di pantai ini karena perbatasan pantai ini berupa tebing yang ombaknya cukup besar. Namun tak perlu bersedih karena pemandangan di pantai ini sangatlah indah dan cocok bagi anda yang ingin melakukan sesi foto prewedding yang berkesan, dengan latar lautan dan matahari terbenam yang membuat hasil foto anda semakin menakjubkan.

Fasilitas di Pantai Kesirat

Dikarenakan pantai Kesirat ini masih banyak yang belum mengenalnya dan masih alami tentunya masih belum ada fasilitas warung makan dan penginapan yang disediakan. Jika anda tertarik untuk menginap jangan lupa sediakan peralatan berkemah anda seperti tenda dan beberapa pasokan makanan dan air bersih. Jangan lupa pula untuk membawa serta sampah sisa makanan anda untuk menjaga lokasi ini tetap asri dan bersih.

Baca!  Pantai Ngelambor, Indahnya 'Aquarium' Bawah Laut

Akses ke Pantai Kesirat

Untuk menuju lokasi Pantai Kesirat, menikmati indahnya laut Selatan dari atas bukit anda memerlukan waktu setidaknya dua jam perjalanan dari pusat kota Jogjakarta. Perjalanan yang anda tempuh juga hanya bisa menggunakan mobil atau motor pribadi, karena fasilitas transportasi umum masih belum dapat menjangkau daerah tersebut. Dengan kendaraan pribadi, ada dua jalur yang dapat anda akses untuk sampai ke Pantai Kesirat yang pertama adalah Jalan Raya Wonosari, ke arah Gunungkidul atau jalur Imogiri-Panggang-Saptosari dengan jarak tempuh yang lebih dekat. Medan yang akan anda lalui tentunya berkelok dan masih dalam keadaan seadanya atau jalanan masih belum bagus. Setelah berkendara anda juga perlu menapaki jalan untuk sampai ke pantai Kesirat.

Peta Pantai Kesirat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *