Pantai Gesing, Pantai Nelayan yang Memanjakan

Pantai Gesing merupakan salah satu pantai nelayan di Gunung Kidul, jadi tidak heran jika pantai ini dipenuhi oleh  perahu – perahu yang terparkir di bibir pantai. Barisan perahu yang cantik tidak jarang menjadi sarana foto – foto bagi pengunjung di Pantai Gesing. Berpasir putih dengan air yang jernih dan ombak yang kecil. Ciri khas dari pantai ini terdapat pada 2 karang besar yang mengapit pantai. Bagi yang gemar memancing, Pantai ini sudah terkenal dengan spot – spot nya yang mantab. Dari atas bukit batu karang yang berbatasan lansgung dengan laut selatan inilah biasanya para pemancing mengayun joran. Pantai ini memang kalah pamor dibandingkan dengan pantai Indrayanti, Baron, Siung, Wediombo dll. Namun yang pasti pantai ini tidak kalah cantik dengan pantai – pantai yang sudah jauh eksis sebelumnya.

 

Pantai Gesing yogya-backpacker
Sumber gbr: yogya-backpacker.com

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar karena 2 bukit karang yang membentuk huruf U di sekeliling pantai mempunyai peran penting sebagai pemecah ombak sehingga aman jika anda mengajak anak untuk bermain di bibir pantai. Keunikan lain yang bisa anda lihat di pantai ini adalah gradasi air laut yang memiliki warna tosca di tepian dan menjadi biru pekat mendekati tengah laut. Di pantai ini juga sudah terdapat beberapa warung makan yang menawarkan menu olahan ikan hasil dari tangkapan nelayan setempat. Namun jenis ikan yang ditawarkan terbatas dan jumlahnya pun tidak banyak, bukan dikarenakan oleh sedikitnya hasil tangkapan melainkan belum banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini. Tidak seperti di Pantai Baron atau Pantai Depok, hasil tangkapan ikan di Pantai Gesing biasanya langsung di bawa ke tengkulak atau pasar – pasar di area Gunung Kidul.

Baca!  Pantai Greweng, Rute Trekking yang Amazing
Pantai Gesing detik
sumber gbr: detik.com

Bagi penggemar trekking menaiki bukit – bukit di sekitar pantai bisa menjadi pilhan hiburan di pantai ini, rute masih alami dan cukup terjal namun itu sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan di atas bukit. bagi yang baru pertama kali datang ke pantai di gunung kidul mungkin akan sedikit kesulitan mencapai pantai ini mengingat minimnya petunjuk arah dan infastruktur jalan yang belum beraspal di area masuk pantai. Jaraknya dari kota Yogyakarta pun tergoleng lebih dekat dibanding pantai lainnya, dikarenakan pantai Gesing ini letaknya di barisan barat pantai yg ada di Gunung Kidul. Tepatnya di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Gesing telusuriindonesia
Sumber gbr: Telusuriindonesia.com

Rute yang harus dilewati dengan jarak tempuh yang paling dekat yakni melalui Jalan Parangtritis terus ke selatan menuju ke perempatan ringroad lalu belok kiri ( Timur ). Terus ikuti jalan ring road hingga lampu merah ke atau tepat di perempatan ring road jalan Imogiri Timur, belok kanan ( selatan ). Dari jalan imogiri timur terus lurus sampai pertigaan Kebon Agung lalu ambil arah ke Selopamioro, dari sini anda bisa mengikuti jalan utama melewati  Panggang hingga bertemu petunjuk arah ke Desa Girikarto. Jika sulit menemukan desa Girikarto coba Gunakan Penduduk Sekitar (GPS) untuk bertanya. Setibanya di desa Girikarto petunjuk arah ke pantai Gesing akan memandu anda higga sampai ke tempat tujuan.

pantai-gesing kompas
Sumber bgr: kompas.com

Jalan untuk mencapai lokasi wisata pantai gesing ini tergolong mudah di tempuh dan sangat nyaman, namun anda tetap harus berhati – hati saat mengendarai kendaraan menuju pantai gesing. Karena dibeberapa lokasi ada juga jalan yang rusak maupun jalan yang masih beralasakan batu kapur yang di susun membentuk jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *