Panjat Tebing di Pantai Siung

Panjat Tebing di Pantai Siung

Panjat Tebing di Pantai SiungBiasanya orang-orang yang berkunjung ke sebuah pantai bermaksud untuk menikmati pemandangan pantai yang indah. Tapi, banyak orang yang berkunjung ke Pantai Siung yang tujuannya bukan untuk sekedar menikmati pemandangan. Pantai Siung memang berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Pantai yang dari pusat kota Yogyakarta jaraknya sekitar 70 kilometer ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, yang tentunya sangat menarik bagi para penggemar olahraga panjat tebing. Di daerah ini terdapat 250 jalur panjat tebing yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jadi, Panjat Tebing di Pantai Siung dapat dilakukan baik oleh para pemanjat tebing yang belum berpengalaman, maupun para pemanjat tebing yang memang sudah ahli.

Jarak sejauh sekitar 70 kilometer dari kota Yogyakarta ke Pantai Siung dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, perjalanan akan menjadi jauh lebih lama karena tidak banyak kendaraan umum yang menuju kesana. Selain itu, tentunya membawa berbagai macam perlengkapan panjat tebing saat naik kendaraan umum sangat merepotkan. Karena Pantai Siung segaris dengan pantai-pantai lain yang terkenal, seperti Baron dan Sundak, menemukan pantai ini bukanlah hal yang sulit. Tersedia banyak papan penunjuk jalan menuju ke pantai-pantai tersebut. Pantai Siung menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah. Menurut penduduk setempat, nama Pantai Siung diambil dari sebuah batu karang di pantai tersebut yang letaknya menjorok ke lautan. Bentuk batu karang tersebut seperti siung atau gigi kera. Uniknya, di pantai yang indah ini juga seringkali muncul kera-kera berekor panjang dari puncak tebing. Jadi, tampaknya memang Pantai Siung adalah nama yang sangat pas untuk pantai ini.

Baca!  Berkunjung ke Gumuk Pasir Parangtritis/Parangkusumo

pantai tebing siung yogyakarta 2

Tebing-tebing yang ada di Pantai Siung tingginya sekitar 15 meter. Para pecinta panjat tebing yang berkunjung ke pantai ini dapat memilih satu dari 250  jalur panjat tebing yang sesuai dengan tingkat keterampilan mereka. Jalur-jalur yang ada dibagi menjadi beberapa blok, yaitu aid climbing, free climbing, dan artificial. Di pantai ini, biasanya para pecinta panjat tebing yang ingin menikmati pemandangan yang indah memilih jalur yang bernama Jalur Kuda Laut. Waktu yang paling tepat untuk memanjat tebing di pantai ini adalah pada sore hari.  Pada saat itulah, para pemanjat dapat menikmati indahnya perubahan warna langit dari sore ke malam.

Sebenarnya olahraga panjat tebing lah yang membuat Pantai Siung menjadi terkenal dan banyak dikunjungi orang. Dulu, sebelum tebing di pantai ini digunakan untuk olahraga panjat tebing, pantai ini sepi dan terkesan kumuh. Tapi sekarang, keadaan Pantai Siung sudah jauh berubah. Sekarang fasilitas yang ada di pantai ini cukup memadai, dan tersedia pondok berkapasitas 12-15 orang yang dapat digunakan sebagai tempat untuk bermalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *