Mengunjungi Makam Raja Imogiri

Mengunjungi Makam Raja Imogiri

wisata religius jogja

Di sebelah selatan kota Yogyakarta, ada banyak obyek wisata yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Makam Raja Imogiri. Obyek wisata ini terletak di lereng perbukitan Imogiri, Bantul. Untuk sampai ke obyek wisata ini, dari pusat kota Yogyakarta Anda harus menempuh perjalanan selama sekitar 45 menit. Obyek wisata ini cukup mudah untuk ditemukan, karena untuk kesana Anda tinggal menyusuri Jalan Imogiri Timur saja. Obyek wisata ini terletak di lereng perbukitan, sehingga disana Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, dan udara yang sejuk. Tapi, karena obyek wisata ini merupakan sebuah kompleks pemakaman, tentunya suasana disana sangat berbeda dengan obyek-obyek wisata pada umumnya.

Makam Raja Imogiri adalah salah satu tempat yang paling bersejarah di sekitar kota Yogyakarta. Kompleks pemakaman ini dibangun pada tahun 1632 oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo. Di kompleks pemakaman ini, dimakamkan raja-raja dan keluarga raja dari Kesultanan Mataram. Konon, tempat tersebut dipilih sebagai tempat untuk membangun kompleks pemakaman dengan memperhitungkan banyak hal. Contohnya, lokasinya yang berada di dataran tinggi, menggambarkan derajat dari orang-orang yang dimakamkan disana. Makam Raja Imogiri adalah tempat yang dikeramatkan. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan saat mengunjungi obyek wisata ini, dan ada cukup banyak peraturan yang harus Anda patuhi. Dan sebenarnya tanpa harus diberi tahu pun, saat Anda tiba disana, Anda akan langsung menyadarinya karena suasana disana sangat kental dengan nuansa magis. Contohnya, di sekitar kompleks pemakaman tersebut, tercium aroma kembang dan dupa.

Walaupun Makam Raja Imogiri kental dengan nuansa magis, tentunya sebagai wisatawan bukan itulah yang akan menjadi pusat perhatian Anda. Dari segi sejarah, ada banyak hal yang menarik dari kompleks pemakaman ini. Di Makam Raja Imogiri dimakamkan 23 raja yang merupakan keturunan dari Sultan Agung. Selain itu, dari segi arsitektur, kompleks pemakaman ini juga spesial. Di kompleks pemakaman ini terdapat 409 anak tangga, yang lebarnya sekitar 4 meter. Konon, mereka yang berkunjung kesana dan berhasil menghitung jumlah anak tangga dengan tepat akan terkabul semua keinginannya. Anak tangga dengan jumlah 409 tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, dan semuanya memiliki makna. Contohnya, dari pemukiman ke daerah dekat masjid, terdapat 32 anak tangga, yang menggambarkan bahwa kompleks pemakaman tersebut dibangun pada tahun 1632.

Baca!  Cave Tubing Kalisuci, Susur Sungai Bawah Tanah

Ada beberapa hal penting yang harus Anda ingat saat berkunjung ke Makam Raja Imogiri. Di kompleks pemakaman ini, para pengunjung tidak diperkenankan memakai alas kaki dan perhiasan. Selain itu, para pengunjung juga tidak diperkenankan membawa kamera. Untuk memasuki kompleks pemakaman ini, Anda harus berpakaian khas Jawa, yang untuk para pria terdiri dari beskap, blankon, kain, sabuk, timang, dan samir. Sedangkan untuk para wanita, pakaian khas Jawa yang harus dikenakan terdiri dari kemben dan kain panjang. Obyek wisata ini dibuka untuk umum pada hari Minggu, Senin, Jumat, tanggal 1 Syawal, tanggal 8 Syawal, dan tanggal 10 Dzulhijah dari jam 10 pagi sampai dengan jam 1 siang.

Rute & Harga Tiket Masuk Makam Raja Imogiri

Berjarak sekitar 12 kilometer arah selatan Kota Yogyakarta. Untuk menuju komplek makam ini sangatlah mudah. Bila menggunakan kendaraan bermotor, anda bisa melewati Jalan Imogiri Timur atau dari selatan Terminal Giwangan, langsung berjalan lurus hingga masuk wilayah Imogiri. Sekitar 20 menit dari tempat itu, sudah sampailah ke komplek makam raja-raja di Imogiri. Masuk ke lokasi ini tidak dikenakan biaya.

Peta Makam Raja Imogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *