Mengikuti Wisata Trail Merapi

Mengikuti Wisata Trail Merapi

Mengikuti Wisata Trail MerapiBagi para penggemar wisata alam pegunungan, daerah Kaliurang dan sekitarnya adalah tujuan wisata yang menarik. Apalagi, sejak erupsi Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu, daerah Kaliurang dan sekitarnya telah banyak berubah. Ada banyak tempat yang rusak, dan bahkan ada tempat-tempat tertentu yang rata dengan material dari Gunung Merapi. Di antara tempat-tempat yang terkena erupsi Merapi, yang paling parah adalah Dusun Kinahrejo. Untuk menjelajahi dusun ini dan tempat-tempat di sekitarnya, para wisatawan dapat menyewa sepeda motor trail. Mengikuti Wisata Trail Merapi adalah cara yang menarik untuk menikmati liburan. Motor trail adalah sepeda motor yang tangguh, yang dapat melewati medan-medan yang berat yang ada disana. Dan tentunya, naik motor trail rasanya berbeda dengan naik motor biasa.

Para wisatawan yang ingin mengikuti Wisata Trail Merapi harus memakai berbagai macam perlengkapan untuk keselamatan, seperti helm, dan sebagainya. Ini ditujukan untuk menjaga keselamatan mereka selama berpetualang dengan mengendarai motor trail. Sebaiknya para wisatawan yang mengikuti Wisata Trail Merapi adalah mereka yang mahir mengendarai motor. Tapi, mereka yang belum mahir mengendarai motor pun dapat mengikuti tour ini karena mereka dapat membonceng saja. Tapi bagaimanapun juga, menjelajahi daerah-daerah yang dulu terkena erupsi Merapi terasa jauh lebih menegangkan jika kita mengendarai sendiri motor trail yang disewa. Jika kita memilih untuk mengendarai sendiri, akan ada pemandu yang menemani kita dengan mengendarai motor trail sendiri.

Wisata Trail Merapi bukanlah tour yang mahal. Tersedia beberapa paket yang harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp. 150.000,- per orang. Bahkan, jika untuk jarak yang sangat dekat, para wisatawan hanya perlu membayar Rp. 50.000,- saja. Secara umum, paket-paket yang tersedia terbagi menjadi dua, yaitu paket yang lintasannya pendek, dan paket yang lintasannya panjang. Selain itu, tersedia juga paket khusus bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbit. Paket-paket tour yang tersedia mengunjungi tempat-tempat yang berbeda. Tapi, rata-rata mengunjungi Kaliadem, Batu Alien, Desa Wisata Petung, dan Makam Mbah Maridjan.

Baca!  Wisata Air Embung Tambakboyo

Di Dusun Kinahrejo, para wisatawan memang tidak diperkenankan membawa kendaraan mereka sampai ke atas. Tapi, menyewa motor trail bukanlah satu-satunya fasilitas transportasi yang ada disana. Bagi para wisatawan yang merasa bahwa Wisata Trail Merapi terlalu menegangkan, tersedia ojek yang akan mengantarkan mereka sampai ke bekas rumah Mbah Maridjan dengan tarif Rp. 20.000,-. Sedangkan bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat-tempat yang dulunya terkena erupsi Merapi dengan nyaman, tersedia banyak mobil Jeep yang dapat mereka sewa. Para wisatawan yang tertarik untuk mencoba Wisata Trail Merapi sebaiknya mencobanya saat cuaca cerah. Karena jika hujan, medan menjadi cukup sulit untuk dilewati dan licin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *