Masangin – Tantangan Menarik di Alun-alun Selatan Yogyakarta

Masangin – Tantangan Menarik di Alun-alun Selatan Yogyakarta

Masangin – Tantangan Menarik di Alun-alun Selatan YogyakartaSelain mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik, di Yogyakarta para wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang unik. Contohnya, saat sedang berkunjung ke alun-alun selatan, mereka dapat melakukan Masangin. Mungkin Masangin sekilas terdengar seperti kata atau istilah dalam bahasa Jawa. Tapi sebenarnya, Masangin hanyalah singkatan dari masuk dua pohon beringin. Di bagian tengah alun-alun selatan terdapat dua buah pohon beringin besar. Masangin adalah berjalan melalui dua buah pohon beringin besar yang ada di tengah alun-alun tersebut. Tapi, saat berjalan, mata kita harus ditutup. Sekilas memang hal ini tampaknya cukup mudah untuk dilakukan. Tapi sebenarnya, hal ini sangat sulit, dan jarang orang yang bisa berhasil berjalan melewati celah di antara dua pohon beringin besar itu.

Karena melewati celah di antara dua pohon beringin besar di alun-alun selatan tidak mudah, setiap hari banyak orang yang datang kesana untuk mencoba melakukannya. Sebenarnya hal ini cukup mengherankan, karena celah di antara kedua pohon tersebut cukup besar. Tapi entah kenapa, orang-orang yang melakukan Masangin cenderung berbelok arah. Bahkan, tidak jarang ada yang tanpa sadar justru berjalan memutar dan berbalik arah. Konon, Masangin adalah semacam test. Mereka yang gagal dalam melakukan Masangin adalah orang-orang yang “tidak bersih.” Menurut mereka yang ahli dalam bidang mistis, di alun-alun selatan ada banyak hal yang sifatnya mistis. Contohnya, dua pohon beringin besar yang ada di tengah alun-alun itu konon ada penunggunya.

Masangin – Tantangan Menarik di Alun-alun Selatan Yogyakarta saat malam

Konon ada hal mistis yang menyebabkan Masangin tidak mudah untuk dilakukan. Mereka yang gagal melewati celah diantara dua pohon tersebut dibelokkan oleh jin penunggu karena dianggap “tidak bersih.” Sedangkan mereka yang berhasil melewati celah di antara kedua pohon tersebut justru dituntun oleh jin penunggu itu. Selain itu, konon, mereka yang berhasil melakukan Masangin akan terkabul keinginannya. Sebenarnya tidak masalah apakah kita mempercayai hal yang sifatnya mistis atau tidak. Yang jelas, Masangin sangat menarik untuk dicoba. Apalagi, Masangin sangat membuat penasaran karena saat sedang berjalan, kita sangat yakin bahwa kita berjalan lurus, tapi ternyata tidak. Jika kita amati, persentase kegagalan Masangin sekitar 90%. Jadi, sangat jarang yang berhasil.

Baca!  Wisata Agro Kebun Buah Mangunan

Untuk melakukan Masangin, kita tidak perlu membawa peralatan apapun. Di alun-alun selatan, biasanya ada beberapa orang yang menyewakan penutup mata dengan harga yang murah. Sebaiknya saat mencoba Masangin kita tidak sendirian. Harus ada orang lain yang menjaga kita saat berjalan, supaya kita tidak menabrak orang lain yang ada disana, atau menabrak tembok yang mengelilingi kedua pohon beringin besar tersebut. Selain melakukan Masangin, melihat orang-orang yang mencoba melakukan Masangin juga merupakan hiburan yang menarik. Seringkali ada yang menabrak orang, jatuh karena tersandung, atau berjalan berputar-putar tanpa arah yang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *