Kereta-Gantung-di-Pantai-Timang

Kereta Gantung di Pantai Timang

Saat mendengar istilah “kereta gantung,” sebagian besar dari kita akan membayangkan sebuah kereta gantung yang dibuat dengan teknologi modern. Tapi, Kereta Gantung di Pantai Timang bukanlah kereta gantung semacam ini. Kereta gantung yang ada di pantai yang letaknya terpencil ini adalah kereta gantung sederhana yang dibuat dengan peralatan seadanya. Mereka yang berminat untuk naik kereta gantung tradisional ini dapat mengunjungi Pantai Timang. Memang, nama pantai ini terdengar masih asing, dan bahkan warga Yogyakarta pun banyak yang belum pernah mendengarnya. Ini karena Pantai Timang letaknya terpencil, dan memang bukan merupakan pantai yang dibuka untuk para wisatawan. Tapi tentunya, siapapun diperbolehkan untuk mengunjungi pantai ini.
Pantai Timang masuk dalam wilayah Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Mereka yang ingin berkunjung ke Pantai Timang harus rela bersusah payah untuk menemukan pantai yang terpencil ini.

Memang, ada banyak website yang menyediakan informasi mengenai arah ke Pantai Timang. Tapi, tetap saja pantai ini sulit untuk ditemukan. Bahkan, dalam perjalanan, biasanya penduduk yang ditanyai akan memberikan rute yang berbeda-beda, sehingga justru menjadi semakin membingungkan. Selain itu, tidak jarang para penduduk malah melihat dengan pandangan yang agak aneh saat ditanya arah ke Pantai Timang. Mungkin karena pantai ini memang bukan pantai untuk wisata.

Kereta Gantung
wisata ekstrem

Berikut adalah cara yang paling mudah untuk mengunjungi Pantai Timang. Pantai ini letaknya sekitar 4 kilometer dari jalan raya yang menuju ke Pantai Siung. Yang perlu kita lakukan pertama-tama adalah menemukan lapangan bola Desa Purwodadi. Dari sana, kita harus masuk ke arah barat, dan menyusuri jalan yang di cor blok. Kita akan menemukan perempatan Balai Dusun Danggolo. Dari sana, kita harus lurus terus, sampai tiba di jalanan yang kasar dan terbuat dari bebatuan. Kondisi jalan sangat parah, dan licin saat hujan. Karena itulah sebaiknya kita menggunakan kendaraan yang tangguh, baik itu sepeda motor, ataupun mobil dengan ground clearance yang tinggi.

Baca!  Masangin – Tantangan Menarik di Alun-alun Selatan Yogyakarta

Informasi mengenai Kereta Gantung di Pantai Timang menyebar hanya dari mulut ke mulut. Tapi yang jelas, saat tiba di pantai yang terpencil ini, semua rasa lelah yang timbul selama perjalanan akan hilang. Pemandangan di Pantai Timang sangat indah. Selain itu, karena memang Pantai Timang bukanlah pantai wisata, suasana disana juga sangat tenang. Hal yang paling menarik yang dapat kita temukan di pantai ini tentu saja adalah kereta gantungnya. Sebenarnya, Kereta Gantung di Pantai Timang bukanlah wahana yang disediakan untuk wisatawan, tapi alat yang digunakan oleh penduduk sekitar untuk menyeberang ke sebuah batu karang raksasa di tengah laut, dimana mereka biasa menangkap lobster. Jika kita berminat untuk mencoba menaiki kereta gantung ini, kita bisa menghubungi warga yang berjaga disana. Tarif untuk naik kereta gantung ini Rp. 100.000,- untuk pulang pergi.

Kereta Gantung di Pantai Timang hanya cocok untuk orang-orang yang berjiwa petualang, atau cenderung nekat. Naik kereta gantung yang dibuat dengan alat seadanya, dan ditemani dengan percikan ombak yang besar di bawah, sudah pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Rute Menuju Pantai Timang Gunung Kidul

Perjalanan darat dari kota Yogyakarta ke Pantai Timang memerlukan waktu sekitar 2 jam. Untuk mencapai pantai ini pengunjung akan sedikit mengalami kesulitan karena kurang terdapat papan penunjuk yang memadai. Jarak pantai Timang dari kota Wonosari (Ibukota Kabupaten Gunungkidul) sekitar 35 km. Dari arah Wonosari pengunjung akan melalui jalan arah ke Pantai Baron untuk dapat sampai. Dari pertigaan Mulo pengunjung berbelok dari semula ke arah pantai Baron menjadi ke Pantai Siung hingga menjumpai Pasar Dakbong. Setelah melewati pasar tersebut jalan jalanan mulai berganti dari aspal menjadi jalan tanah berbatu layaknya jalan untuk kompetisi off-road. Penggunaan motor untuk segala medan akan lebih memudahkan perjalanan. Pantai ini diapit oleh pantai-pantai sepanjang pesisir daerah Tepus. Di sebelah barat pantai ini terdapat pantai-pantai yang sejajar dengan Timang diantaranya Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Ngetun. Di sebelah timur pantai ini terdapat Pantai Jogan, Pantai Siung, dan Pantai Nglambor

Baca!  Masjid Soko Tunggal – Masjid Unik di Taman Sari

Peta Pantai Timang Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *