Sumber Gbr: tempatwisatadaerah

Kebun Teh Nglinggo, Menikmati Alam Dengan Secangkir Teh

Tidak hanya di Bogor dan Karanganyar, di Jogja pun ada kebun teh yang menghasilkan teh dengan kualitas terbaik, meskipun luasnya tidak sebesar ke dua tempat tersebut namun Kebun Teh Nglinggo memiliki keunikan tersendiri, yakni lokasinya yang berada di pegunungan menoreh dan diapit oleh pegunungan dan bukit sehingga menawarkan view yang sangat indah. Letaknya yang berada di ketinggian 800 Mdpl (Meter Dibawah Permukaan Laut) menjadikan lokasi ini beriklim sejuk. Perkebunan Teh Nglinggo sendiri dikelola oleh PT. Pagilaran yang merupakan perusahaan kebun teh milik Universitas Gajah Mada.

Sumber Gbr: titik0jogja
Sumber Gbr: titik0jogja

Secara administratif Kebun Teh Nglinggo berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo , Kecamatan Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Sebagai desa wisata Nglinggo mendapatkan predikat terbaik ke 3 se-Indonesia. Jadi untuk masalah fasilitas yang ada di Desa ini sudah pasti sudah mencukupi. Setibanya di perkebunan teh anda bisa berjalan menikmati udara segar dan hijaunya perkebunan. Guna menghindari kerusakan dan menjaga kelestariaannya, mengingat lokasi ini sekarang juga menjadi tujuan wisata, pengelola setempat telah menyiapkan jalur khusus bagi yang ingin berjalan – jalan memasuki perkebunan. Jika anda belum puas menikmati perkebunan teh di sekitarnya terdapat deretan pohon pinus dan sebuah air terjun yang juga menjadi bagian dari keindahan Desa Wisata Nglinggo.

Sumber Gbr: andrie282
Sumber Gbr: andrie282

Setelah puas berkeliling, jangan lupa untuk mampir ke warung – warung disekitar perkebunan. Di warung – warung inilah anda bisa menikmati teh hasil perkebunan Nglinggo. Salah satu yang terkena adalah Kedai Mr. Edy Tamsil, Teh Putih dan Kopi Menoreh menjadi menu andalan di tempat ini. Khusus Teh Putih, bisa di bilang teh ini masuk kategoti teh premium, karena proses pengolahannya cukup memakan waktu yang lama. Mulai dari pemetikan bagian ujung daun teh yang belum mekar atau masih seperti gulungan. Dipetik pada pagi – pagi buta atau sekitar jam 3 dinihari untuk menghindari paparan sinar matahari agar tidak terkena radikal bebas atau sering disebut oksidan.

Baca!  Wisata Agro Kebun Buah Mangunan
Sumber Gbr: merdeka
Sumber Gbr: merdeka

Proses dari petik hingga dapat dikonsumsi pun memakan waktu lama, dikarenakan untuk mengeringkan Teh Putih tidak boleh dijemur ataupun di sangrai, hanya di angin – angin hingga benar – benar kering atau lamanya sekitar 15 hari. Khasiat dari teh putih sendiri diantaranya dapat memerangi kuman dan mencegah infeksi, kandungan anti okasidannya lebih banyak 3 kali lipat dari teh hijau. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya, itu alasan kenapa Teh Putih di bandrol dengan harga yang cukup tinggi dan menjadi kebanggan petani teh di Nglinggo.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo

Dari arah Jogja langsung menuju Jalan Godean hingga tiba dio perempatan Pasar Godean, dari situ lurus ke barat melewati sungai Progo sampai lampu merah kenteng belok kanan. Ikuti jalan utama sampai bertemu tugu ndekso di tengah jalan, belok kiri ke Jalan Samigaluh. Lurus saja ikuti jalan utama, sekitar 15-20 km anda akan melewati Kantor Kecamatan Samigaluh, Kantor Polisi & Pasar Samigaluh, dan menemukan pertigaan bertuliskan Desa Wisata Nglinggo belok kanan, ikuti jalan lurus naik ke atas kira kira 2km anda akan sampai di puncak kebun teh. Bagi anda yang memutuskan membawa kendaraan pribadi pastikan kendaraan dalam keadaan fit karena rute yang dilalui akan sangat menantang, mulai dari tikungan tajam hingga tingkat kemiringan jalan yang mencapai 40 derajat. Harga tiket masuk ke perkebunan ini hanya Rp 3.000 saja.

Peta Kebun Teh Nglinggo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *