Green Village Gedangsari, Sensasi Berkeliling Bukit Dengan Berjalan Kaki

Tidak habis rasanya membicarakan destinasi wisata Gunung Kidul, segala bentuk wisata ada di daerah yang terkenal dengan Nasi Tiwulnya ini. Mulai dari Pantai, Perbukitan, Goa, Desa Wisata dan berbagai objek lainnya ada disini. Dan yang baru – baru ini menyeruak ke permukaan dan menjadi bahasan hangat di media sosial adalah Green Village Gedangsari. Diresmikan pada tahun 2015 kemarin, pembangunannya sendiri menghabisakan total dana sekitar Rp 2 miliar dengan bantuan dana dari PNPM MP3KI.

Sumber Gbr: BangkitRanran
Sumber Gbr: BangkitRanran

Berdiri di puncak Gedangsari, Green Village Gedangsari terletak di perbatasan antara Gunung Kidul dan Klaten, pengunjung bisa melihat kota Klaten dari sini. Keindahan panorama yang tersaji memang begitu memanjakan mata, terutama saat sore hari dan malam hari. Di sore hari pengunjung bisa melihat dan berfoto dengan background sunset yang cantik. Sementara itu saat malam hari kita bisa menikmati kerlap kerlip lampu pijar Kota Klaten. Sama seperti pemandangan malam hari ketika anda berada di  bukit bintang, pathuk, gunungkidul yogyakarta atau di bukit Dago, Bandung, Jawabarat. dan ini merukan tempat terbaik bagi kalian yang igin berfoto dengan background pemandangan gemerlap cahaya dari kota klaten.

Sumber Gbr: lialiyoel
Sumber Gbr: lialiyoel

Tempat yang menawarkan kindahan pemandangan alam mulai dari bukit, pegunungan hingga dataran kota Jogja. Pengunjung dapat menikmati barisan gunung seribu yang identik dengan Gunungkidul sekaligus menikmati kota di bawahnya. Objek wisata Green Village Gedangsari yang ada di Gunungkidul Yogyakarta ini tidak memberlakukan tiket masuk alias gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun ketika ingin masuk ke tempat wisata ini. Melainkan sebagai gantinya, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja sebesar Rp 2.000 untuk parkir motor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil. Selain menyajikan panorama alam yang begitu apik, pengunjung juga bisa membawa pulang oleh-oleh hasil kerajinan masyarakat dusun setempat.

Baca!  Tongseng Kelelawar – Kuliner Ekstrim dari Selatan Kota Yogyakarta
Sumber Gbr: wisatabagus
Sumber Gbr: wisatabagus

Yang unik dari Green Village Gedangsari adalah mempunyai jalan seperti jembatan yang menghubungkan bukit satu dengan bukit lainnya. Pengunjung bisa berkeliling bukit hanya dengan berjalan kaki serta dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Jika Anda lelah berjalan menyusuri jalan di tempat wisata Green Village Gedangsari, Anda dapat beristirahat di gazebo atau rumah – rumahan yang tersedia tanpa dipungut biaya sepeserpun. Sebagai destinasi wisata, Green Village Gedangsari juga telah memiliki fasilitas lengkap bagi para pengunjung sehingga pengunjung merasa nyaman berada di desa wisata ini. Selain Gazebo – gazebo yang telah disediakan untuk wisatawan menikmati pemandangan, toilet, mushola, hingga fasilitas jalan menurun yang telah dipagari untuk memberikan rasa aman bagi para pengunjung ketika ingin lebih dekat dengan alam Gedangsari juga sudah disiapkam.

Lokasi Green Village Gedangsari

Terletak di Dusun Guyangan Lor Desa Mertelu Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul, atau sekitar 40 km dari pusat Kota Jogja dengan 2 jam perjalanan. Lokasi Green Village Gedangsari ini cukup mudah ditemukan dari arah mana saja, seperti Klaten atau Kota Yogyakarta. Jika pengunjung datang dari arah Wedi, Klaten, cukup arahkan kendaraan ke arah selatan melalui Dusun Watugajah. Jika pengunjung datang dari arah Barat, arahkan kendaraan ke selatan melalui Desa Tegalrejo kemudian ke barat menuju Guyangan Lor. Sementara rute dari Kota Yogyakarta, pengunjung bisa mengikuti rute Jl Jogja – Wonosari, atau rute lain melalui Solo – Klaten ke arah Wedi. Dari sini rute yang akan dilewati sama seperti sebulmnya yakni ke arah Dusun watu gajah

Peta Green Village Gendangsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *