Goa Seplawan, Goa Indah di Perbatasan Jogja

Letaknya tepat di perbatasan antar Yogyakarta dengan Jawa Tengah atau tepatnya di Purworejo. Jika anda pernah mengunjungi Goa Kiskendo maka dari situ berjarak sekitar 5 KM ke arah Selatan. Setelah sampai di Gerbang Pintu Masuk Goa Seplawan. Tidak perlu terburu – buru untuk memasuki Goa, karena pemandangan di sekitar tidak kalah indah untuk di nikmati, anda bisa jalan kaki ambil arah kiri dengan sedikit naik tangga menuju Gardu Pandang Goa Seplawan. Di sini anda akan disambut dengan cantiknya taman hijau yang penuh dengan tanaman hias, terlihat asri, segar, sejuk dan nyaman. Namun jika anda ingin terlebih dahulu masuk ke dalam goa cukup berjalan lurus dari pintu masuk arah menuju ke bibir Goa.

Sumber Gbr: Maspeot
Sumber Gbr: Maspeot

Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing dengan jarak tempuh + 20 km ke arah Timur dari pusat kota Purworejo dengan ketinggian 700 m dpl sehingga udaranya sangat sejuk. Goa ini memiliki ciri khusus berupa ornamen yang terdapat di dalam goa, antara lain staklatit, staklamit, flowstone, helekit, soda straw, gower dam dan dinding-dindingnya berornamen seperti kerangka ikan. Panjang Goa Seplawan + 700 m dengan cabang-cabang goa sekitar 150-300 m dan berdiameter 15 m. Goa alam yang sangat menakjubkan ini menjadi semakin terkenal dengan diketemukannya arca emas Dewa Syiwa dan Dewi seberat 1,5 kg pada tanggal 28 Agustus 1979 yang sekarang arca tersebut disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Sumber Gbr: telusuriindonesia
Sumber Gbr: telusuriindonesia

Jika ingin berkunjung ke Goa Seplawan sebaiknya tidak di musim hujan. Setidaknya itu yang tertulis pada papan peringatan di luar bahwa di musim hujan air bisa meluap mengingat Goa Seplawan adalah sungai bawah tanah. Namun jika anda sedang berada di dalam dan tiba – tiba air meluap tidak perlu kuatir karena anda hanya perlu mencari tempat yang lebih tinggi lalu menunggu bantuan datang.

Baca!  Dataran Tinggi Dieng: Tempat Bersemayam Para Dewa
Sumber Gbr: njogja
Sumber Gbr: njogja

Tips bagi anda yang ingin menyusuri Goa Seplawan disarankan memakai sandal/sepatu yang memang dirancang untuk trekking seperti sepatu kedap air dan anti selip. Karena lantai goa bisa sangat licin di akibat endapan lumpur. Karena alasan itu pula setiap pengunjung disarankan berjalan di aliran sungai untuk menghindari licinnya lantai goa.

Sumber Gbr: telusuriindonesi
Sumber Gbr: telusuriindonesi

Di bagian luar Goa terdapat beberapa gazebo tepat di jalur setapak yang dibuat oleh pengelola untuk mempermudah pengunjung menikmati pemandangan disekitar goa, dan gazebo tersebut bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk bersantai, selain sering juga di jadikan tempat para pasangan muda berpacaran. Sekitar 300 meter melewati jalan setapak, anda akan sampai di Gardu Pandang Goa Seplawan. Di spot inilah anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang super indah, dan udara yang sejuk. Bila cuaca sedang bagus, tidak mendung dan tidak berkabut, akan terlihat jelas Waduk Sermo di bawah sana, kemudian di arah selatan juga terlihat Pantai Selatan Jawa. Sedangkan kalau kita memanjat salah satu bukit di sini, kita juga bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sidoro dan Gunung Slamet sekaligus.

Lokasi Goa Seplawan

Jarak yang harus ditempuh jika anda dari arah Jogja adalah sekitar 35 KM atau selama 1,5 jam perjalanan. Rute yang harus dilalui pun terbilang mudah. Anda cukup ambil arah jalan Godean lalu terus ikuti jalan ke Barat hingga bertemu Goa Kiskendo, dari situ anda akan mulai mengarah ke selatan dan melewati deretan pohon pinus hingga tiba di gerbang Goa Seplawan.

Peta Lokasi Goa Seplawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *