Dataran Tinggi Dieng: Tempat Bersemayam Para Dewa

Dataran Tinggi Dieng

Terletak di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat tujuan wisata yang sangat terkenal di Jawa Tengah. Dieng secara etimologi berasal dari gabungan dua kata bahasa Kawi, yaitu “Di” yang bermakna tempat atau gunung dan “Hyang” yang berarti dewa. Jadi Dieng dipercaya merupakan tempat dimana para dewa bersemayam. Oleh karena itu tidak heran jika di dataran tinggi Dieng banyak ditemukan candi-candi bercorak Hindu.

Ada bermacam objek wisata yang ditawarkan dataran tinggi Dieng, antara lain: Telaga Warna, berbagai macam kawah seperti: Kawah Candradimuka, Sikidang, Sinila, Sileri, berbagai macam candi seperti: Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, dan Candi Dwarawati, berbagai macam gua seperti Gua Semar, Gua Jaran, Gua Sumur, Sumur Jalatunda, Dieng Volcanic Theatre, Museum Dieng Kaliasa, dan Tuk Bima Lukar (Tuk = mata air) sebutan untuk Mata air Sungai Serayu.

Selain menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona, karena letaknya yang berada di atas kawasan vulkanik aktif, tanah dataran tinggi Dieng merupakan tanah yang sangat subur.  Tak heran jika dataran tinggi Dieng merupakan penghasil produk pertanian yang sangat diminati. Tercatat kentang, wortel, kobis, dan jamur merupakan sebagian produk pertanian andalan dataran tinggi Dieng.

Selain produk pertanian di atas, ada satu buah yang sangat khas dengan dataran tinggi Dieng yaitu pepaya gunung atau carica (Vasconcellea cundinamarcensis, Carica pubescens, Carica quercifolia, Carica goudotiana, Cariaca candamarcensis). Namun carica ala dataran tinggi Dieng adalah manisan carica, sehingga carica tersebut dapat bertahan lama dan menjadi oleh oleh khas dataran tinggi Dieng.

Baca!  Curug Siluwok, Si Kecil Yang Menawan

Untuk mencapai dataran tinggi Dieng sangatlah mudah karena sudah banyak transportasi umum yang beroperasi ke kawasan wisata tersebut. Selain itu juga dataran tinggi Dieng hanya berjarak sekitar 25 Km dari Kota Wonosobo. Dengan segala hal yang ditawarkan dataran tinggi Dieng, maka tak salah kiranya jika Anda memasukkannya ke dalam objek wisata yang harus Anda kunjungi di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *