img_9572

Cave Tubing Kalisuci, Susur Sungai Bawah Tanah

Cave tubing merupakan perpaduan antara caving dan body rafting. Jadi bisa dikatakan merupakan aktivitas susur sungai dalam gua dengan menggunakan pelampung. Indonesia khususnya Yogyakarta patut berbangga karena mempunyai objek wisata cave tubing di daerah Gunung Kidul. Mengingat kawasan wisata alam seperti itu hanya dimiliki oleh 3 negara, yaitu Indonesia Mexico dan Selandia Baru. Berada di kawasan Kars Gunungsewu yang telah dilindungi dan diusulkan oleh International Union Speleology (IUS) pada tahun 1993 menjadi salah satu warisan alam dunia.

img_9494

Kalisuci merupakan nama aliran sungai yang mengalir di Gunungkidul. Seperti karakteristik sungai-sungai yang berada kawasan karst, Kalisuci terbagi menjadi 2 tipe, yakni sungai terbuka yang muncul di permukaan dan sungai tertutup yang mengalir di dalam tanah alias di dalam gua (termasuk mengalir melewati Gua Grubug) dan bermuara di Pantai Baron.

img_9635

Keunikan yang dijumpai adalah fenomena bentukan bentang alam, karst permukaan berupa bentukan depresi yang runtuh yang membentuk goa-goa vertikal dan bentukan positif berupa bukit karst berbentuk kerucut, sedangkan bawah permukaan berupa aliran sungai bawah tanah yang mengalir melalui goa-goa horisontal yang merupakan suatu sistem aliran sungai bawah tanah yang saling berhubungan satu-sama lain di kawasan karst Gunungkidul. Di kawasan ini wisatawan dapat melakukan aktivitas susur goa dengan menggunakan peralatan khusus seperti perahu karet, tali, dan lain-lain. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan goa kalisuci dengan stalaktit dan stalakmit, keindahan dan kesejukan yang menyatu serta petualangan yang penuh tantangan.

_mg_0196

Melewati sungai yang mengalir menyusuri goa-goa bawah tanah menjadi salah satu potensi wisata yang ditawarkan tempat ini. Ditemani pemandu Anda akan diajak hanyut ke dalam goa Kalisuci dan Luweng Glatik (goa Glatik). Tak harus bisa berenang, semua pengunjung akan dilengkapi dengan pelampung dan helm sebagai sarana standar keselamatan. Goa ini cukup panjang dengan langit-langit juga cukup tinggi dan kedalaman sungai sekitar 2-3 meter. Sepanjang perjalanan juga akan banyak penjelasan dari pemandu. Di dalam goa cukup gelap dan memang tidak disediakan penerangan demi menjaga ekosistem yang ada di dalam goa.

Baca!  Gua Kiskendo – Gua Dengan Berbagai Legenda yang Menarik

img_9572

Lokasi & Harga Tiket Masuk Kalisuci

Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul sekitar 40 km dari arah Yogyakarta, yang memakan waktu 1,5 – 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Dari Jogja menuju Piyungan lanjut ke arah Patuk. Dari Pathuk langsung menuju ke Sambipitu hingga nanti tiba di Hutan Rest Area Bunder. Tak jauh dari Hutan Rest Area Bunder terdapat pertigaan Lanud TNI AU Gading, lurus saja menuju Siyono ke Alun-alun Wonosari arah Baleharjo , Jembatan Jirak Semanu, Perempatan timur Jembatan Jirak ke kanan kemudian Pasar dan Terminal Semanu, Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ke kanan kemudian setelah ± 800 meter masuk pintu gerbang kawasan wisata Kalisuci di kanan ( Utara ) jalan. Bagi yang ingin menggunakan angkutan umum bisa menggunakan bus dari terminal giwangan hingga simpang lima Wonosari dan dilanjutkan dengan angkutan kota menuju Kecamatan Semanu. Tarif untuk dapat menikmati keseruan Cave Tubing di Kalisuci ini cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 70.000 / orang. Akan tetapi untuk mencoba pengalaman seru di Kalisuci ini, pengunjung harus setidaknya mengajak minimal 4 orang teman. Karena jika kurang dari 4 orang, maka tidak bisa melakukan cave tubing di Kalisuci. Dan wisata Cave tubing Kalisuci ini akan ditutup saat curah hujan tinggi guna menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan.

Peta Kalisuci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *