Candi Abang, Mirip Bukit Teletubbies

Keindahan wisata alam Jogja memang tidak akan pernah ada habisnya bila dijelajah, salah satunya adalah wisata candi. Ada banyak sekali candi yang tersebar di Jawa Tengah, termasuk di Jogja yang memiliki Candi Prambanan dan namanya pun sudah mendunia. Ada juga candi-candi unik lainnya yang memiliki sejarah dan bentuk yang sama sekali berbeda dengan candi-candi lainnya di Jogja yaitu Candi Abang. Candi ini berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Untuk mencapai candi unik ini bisa melaluinya dari jalan Jogja-Solo, yang menuju kearah Prambanan. Begitu Sampai di Terminal Prambanan, cari Jalan Raya Jogja-Piyungan Km 8. Disana ada papan petunjuk arah kekanan (barat) bertuliskan Candi Abang dan Gua Sentana. Candi ini berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, sekitar 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan.

Source by: pustakadigitalindonesia
Source by: pustakadigitalindonesia

Kenapa candi ini menjadi salah satu destinasi menarik yang patut dikunjungi saat berlibur di jogja? Bentuk candi ini adalah menyerupai piramida dengan alas 36×34 meter dan tinggi yang hingga sekarang belum bisa diperkirakan Gundukan tanah ini mempunyai ketinggian sekitar 6 meter dan garis tengahnya sekitar 40 meter. Bagian tengah candi ini berupa sumur dan terdapat tangga masuk terbuat dari batu putih (gamping). Pada waktu pertama kali ditemukan, dalam candi ini terdapat arca dan alas yoni lambang dewa Siwa berbentuk segidelapan (tidak berbentuk segi empat, seperti biasanya) dengan sisi berukuran 15 cm. Jika menaiki bagian atas gundukan ini akan terlihat bata­bata merah yang merupakan batu penyusun candi ini sehingga candi ini dinamakan Candi Abang.

Source by: Ari_Hartavian
Source by: Ari_Hartavian

Menurut sejarah, Candi Abang ini terkubur bersama bukit-bukit disekitarnya, sampai ditemukan kembali dan lalu di pugar. Berdasarkan refrensi candi Abang ini berdiri saat kerajaan Mataram Hindu masih berkuasa di tanah Jawa. Dilihat dari segi bentuk bangunannya yang berundak, dimungkinkan candi ini adalah candi Hindu. Mengingat lokasinya yang tidak jauh dari candi Barong, serta masih masuk ring of Hindu Temple Prambanan. Candi Abang, sangat kuat berdiri dimasa kerajaan Mataram Hindu itu sendiri. Nah, tertulis di sebuah prasastinya juga mengatakan bahwa candi Abang telah berdiri di tanah Jawa pada abad ke-9 dimana abad yang sama Mataram Kingdom berkuasa. Selain Candi Abang di kawasan ini masih ada beberapa obyek wisata lainnya seperti Gua Jepang Sentonoharjo. Gua Jepang Jogotirto berada di Goa Jepang Sentonoharjo berada tak jauh dari Candi Abang. Goa Jepang Sentonorejo terdiri dari empat goa yang berjajar dan berbentuk persegi. Keempat ujung goa tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Goa ini dibuat pada masa Jepang yang pada saat itu menguasai jogja dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan amunisi.

Baca!  Mengikuti Wisata Trail Merapi
Source by: greatrose
Source by: greatrose

Sayangnya Anda tidak akan melihat relief yang ada di Candi Abang karena candinya terkubur di dalam tanah yang berbentuk seperti Bukit Teletubbies. Selain dikenal dengan nama Candi Abang Berbah, Candi ini juga popular dengan sebutan lain yaitu bukit Teletubies. Karena bentuknya yang membentuk seperti bukit yang ada di dalam film teletubies, jadi kebanyakan orang menyebutnya bukit teletubies. Candi ini akan terlihat berwarna hijau ketika musim hujan, sedangkan jika musim kemarau bukit ini akan berwarna seperti gundukan berwarna coklat, karena kondisi bukit yang sangat kering.

Source by: marikitadolan
Source by: marikitadolan

Selain menikmati keindahan bukit di candi ini, Anda juga bisa berburu sunset untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Untuk akses mencapai bukit ini Anda harus berjalan kaki terlebih dulu karena medan menuju ke bukit ini banyak bebatuan dan agak curam. Tips lain untuk yang mau datang ke Candi Abang ini, jangan datang di siang hari karena akan terasa panas yang sangat menyengat dan bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya, sebab di lokasi tidak ada warung makan dan minum. Bagi Anda yang berkunjung ke candi ini yang membawa makan dan minuman diharapkan menjaga kebersihan di sekitar lingkungan candi agar wisata jogja ini bisa tetap terjaga keindahannya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *