Bukit Parangndog, Menikmati Laut Selatan Dari Landasan Paralayang

Sumber Gbr: titik0jogja
Sumber Gbr: titik0jogja

Jika anda ingin mengunjungi wisata Pantai Parangtritis tidak ada salahnya mampir ke beberapa spot wisata lainnya yang letaknya tidak jauh dari Parangtritis. Mulai dari Gumuk Pasir, Landasan Pacu sampai Bukit Parangndog. Namun untuk kali ini Bukit Parangndog lah yang akan kita bahas tuntas. Secara administratif lokasi Bukit Parangndog terletak di kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di desa Girijati kecamatan Purwosari, akan tetapi lokasinya tidak jauh dari Parangtritis. Maka dari itu jalur terdekat untuk bisa menuju lokasi ini adalah melewati Jalan Parangtritis.

Sumber Gbr: ensiklopediaindonesia
Sumber Gbr: ensiklopediaindonesia

Jalan yang menanjak menjadi kendala untuk semua kendaraan tidak terkecuali sepeda motor, jadi wajib berhati – hati dan tetap fokus. Sesampainya di atas bukit kita akan disuguhkan pemandangan indah pantai selatan yang luas dari ketinggian, garis pantai sepanjang parangtritis pun terlihat jelas dari timur hingga ke barat. Cocok untuk pasangan yang ingin menikmati romantisme kota Jogja dari sisi yang berbeda. Konon banyak pasangan yang memilih Bukit Parangndog sebagai lokasi penembakan / menyatakan isi hati kepada pasangannya. Selain itu jika anda ingin sedikit berlama – lama di bukit ini maka tunggulah hingga petang habis dimakan senja, karena disaat itulah peristiwa sunset bisa anda nikmati berdua dengan pasangan atau bersama teman – teman. Bisa di bilang salah satu spot sunset yang terbaik. Letaknya yang dipesisir pantai membuat pemandangan sunsetnya minim kabut sehingga dapat diabadikan melalui kamera dengan jelas.

Sumber Gbr: titik0jogja
Sumber Gbr: titik0jogja

Selain sunset dan keindahan lainnya, Bukit Parangndog juga terkenal sebagai Bukit Paralayang. Karena memang di tempat ini menjadi landasan terbang bagi para atlet paralayang. Jika anda ingin menikmati sensasi terbang di atas pantai selatan maka tidak ada salahnya mencoba paralayang ini. Tidak perlu kuatir jika tidak bisa karena anda akan ditemani tandem yang sudah profesional, cukup siapkan mental karena olah raga yang satu ini benar – benar dapat memicu adrenalin. Untuk sekali terbang tentu tidak gratis dan tidak murah juga, anda harus merogoh kocek sebesar Rp 300.000 , namun sepadan dengan pengalaman dan keseruan yang kita dapat. Para atlet paralayang ini bisa memamerkan kebolehannya setiap tahun sekali di ajang Jogja Air Show yang berpusat di landasan pacu pantai Parangkusumo / Pantai Depok.

Baca!  Kebun Teh Nglinggo, Menikmati Alam Dengan Secangkir Teh
Sumber Gbr: diazarhie
Sumber Gbr: diazarhie

Untuk menuju lokasi bukit Parangndog ini cukup mudah, dari arah Jogja langsung ambil saja jalan Parangtritis, terus saja mengikuti jalan utama ke selatan hingga sampai di gerbang loket Pantai Parangtritis. Dari situ terus menuju arah pantai Parangtritis, sesampainya di kawasan pantai tetaplah di jalan utama dan teruskan perjalanan yang jaraknya tinggal sekitar 3 KM dari Pantai Parangtritis. Dari jalan menanjak itu terus ikuti hingga bertemu pertigaan, lalu belok ke kanan. Dari pertigaan tersebut anda anda akan bertemui jalan kecil yang dicor beton dengan medan yang nanjak cukup tajam. Terus ikuti saja jalan cor beton itu sampai habis, sehabis jalan tersebut anda akan menjumpai pemukiman penduduk. Banyak di antara rumah penduduk yang disulap menjadi lahan parkir, jadi anda bisa parkirkan kendaraan anda di rumah – rumah penduduk dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Seperti biasa jika anda tersesat jangan lupa Gunakan Penduduk Sekitar (GPS) untuk bertanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *