kopi joss

Bersantai Sembari Menikmati Kopi Joss Lek Man

Bersantai Sembari Menikmati Kopi Joss Lek Man

kopi joss

Di Yogyakarta ada banyak sekali coffee shop. Tapi, kopi yang paling terkenal di kota ini bukan yang dijual di salah satu coffee shop tersebut. Kopi yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Kopi Joss Lek Man, yang dijual di sebuah warung sederhana di pinggir jalan, dekat Stasiun Tugu. Warung yang menjual kopi ini adalah jenis warung yang dikenal dengan sebutan angkringan. Konon, warung angkringan Lek Man ini dulu merupakan warung angkringan yang pertama di Yogyakarta. Mbah Pairo, yang merupakan pendiri warung angkringan ini, sudah berjualan sejak tahun 1950 an. Angkringan Lek Man sangat mudah untuk ditemukan. Warung ini terletak di pinggir jalan yang letaknya persis di sebelah utara Stasiun Tugu. Jika Anda berjalan kaki, Anda bisa langsung saja berjalan kesana. Tapi jika Anda menggunakan kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat, Anda mungkin harus berputar dahulu karena jalan tersebut merupakan jalan satu arah.

Angkringan yang sangat terkenal ini letaknya sangat dekat dengan Jalan Malioboro, yang merupakan salah satu tujuan favorit para wisatawan. Jadi, tidak heran jika banyak wisatawan yang sengaja berjalan dari Jalan

kopi-joss-jogja
kopi-joss-jogja

Malioboro ke angkringan ini karena penasaran. Dari namanya saja, mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa Kopi Joss Lek Man bukanlah kopi biasa. Namun, walaupun nama kopi ini mengandung kata “joss,”  kopi ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan salah satu produk minuman kebugaran. Yang membuat kopi joss berbeda dengan kopi yang disajikan oleh angkringan-angkringan lain adalah penyajiannya. Jadi, saat hendak disajikan, kopi ini dicampuri dengan arang yang masih membara. Dan sepertinya, kata “joss” berasal dari suara yang timbul saat arang masuk ke dalam kopi. Campuran arang yang membara ini membuat kopi ini lebih matang, lebih awet panasnya, dan lebih enak. Tapi tentunya, Anda tidak perlu meminum arang yang dicampurkan itu. Anda bisa menyingkirkannya sebelum minum.

Baca!  Candi Gebang – Candi yang Tidak Jauh Dari Pusat Kota

Mendengar keunikan kopi joss, mungkin Anda malah merasa khawatir, jangan-jangan campuran arang membara dapat membahayakan kesehatan Anda. Sebenarnya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Menurut penelitian, ternyata campuran arang yang masih membara tersebut justru memberikan efek yang positif. Arang yang dicampurkan tersebut ternyata menetralkan kandungan kafein. Uniknya, hal ini bahkan tidak diketahui oleh sang pembuat kopi saat ia pertama kali mencoba mencampur kopi dengan arang yang membara. Jika Anda bukan penggemar kopi, Anda tidak perlu khawatir karena angkringan ini mempunyai menu yang sangat beragam. Disana tersedia beraneka ragam minuman instant dalam kemasan sachet yang pastinya sudah sangat Anda kenal. Makanan yang dijual di angkringan ini juga sangat beragam. Disana tersedia nasi bungkus yang dikenal dengan sebutan sego kucing, dan beraneka ragam lauk mulai dari gorengan sampai sate. Yang jelas, semua yang dijual di angkringan ini harganya murah, jadi Anda bisa bersantai bersama teman-teman atau saudara-saudara Anda sampai puas tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Peta Kopi Jos Lek Man

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *