Sumber Gbr: jadiberita

5 Wisata Fotografi di Yogyakarta

Berwisata tidak lengkap rasanya jika tidak diabadikan dan di upload ke media sosial. Bahkan kekuatan media sosial lah yang selama ini menjadi ‘marketing’ bagi banyaknya objek wisata yang mulai menjamur di Yogyakarta. Beberapa orang rela menempuh jarak puluhan kilo hanya untuk mendapat sebuah gambar yang bagus, namun tidak jarang menjadi dilema ketika objek wisata yang memiliki pemandangan indah namun tidak di fasilitasi dengan spot foto yang mendukung. Berikut kami beri daftar lokasi wisata mana saja yang tidak hanya indah namun memiliki spot – spot fotografi terbaik.

Istana Ratu Boko

SAMSUNG CSC
Sisa – sisa bangunan baik yang masih berdiri kokoh atau pun yang tinggal runtuhan serta ornamen berupa bangunan candi dengan jarak pandang yang luas menjadikan tempat ini sering dijadikan lokasi prewed dan kegiatan fotografi lainnya. Jenis foto landscape menjadi salah satu yang sering digunakan dan menjadi favorit di tempat ini. Hanya saja sejak banyaknya penikmat fotografi yang memanfaatkan lokasi Istana Ratu Boko sebagai tempat pemotretan, pengelola setempat memasang tarif yang cukup tinggi. Namun jika anda sekedar foto – foto non komersil silahkan jepret sepuasnya dijamin gratis.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus
Sebelum ramai seperti sekarang, Hutan Pinus Mangunan hanya sebuah hutan biasa dengan udara yang sejuk dan pastinya tanpa retribusi. Pengunjung hanya di minta biaya parkir dan dapat menikmati hutan pinus sepuas – puasnya. Namun sejak kemunculannya di dunia maya ramai di perbincangkan pihak pengelola mulai mempercantik hutan dengan beberapa spot unik, seperti area theater dan mimbar resepsi layaknya di film Twillight. Semua tentu ada konsekuensinya seperti biaya retribusi senilai Rp 50.000 yang kini di kenakan kepada pengunjungyang ingin memanfaatkan lokasi ini untuk kegiatan fotografi yang bersifat komersil, namun jika tidak maka cukup dikenakan Rp Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil. Lensa fisheye menjadi lensa favorit dalam pengambilan gambar di tempat ini.

Baca!  Ini Agen Paket Wisata ke Jogja 2016 Yang Recommended!

Taman Sari (Water Castle)

Taman Sari
Komplek Taman Sari menjadi salah satu spot yang paling disukai oleh para pecinta fotografi, selain bangunannya yang memiliki nilai sejarah komplek Taman Sari juga memiliki banyak spot foto. Dalam komplek ini terdapat bangunan Sumur Gumuling yakni bangunan melingkar yang dahulu di fungsikan sebagai masjid dengan arsitektur kuno yang luar biasa indah, lalu ada Pulo Cemeti yakni bangunan yang paling tinggi diantara bangunan lain yang ada di komplek Taman Sari, dahulu bangunan ini di gunakan untuk tempat beristirahat dan pengintaian. Tema vintage menjadi yang paling sering dipakai para pengunjung saat mengabadikan foto di tempat ini baik mereka yang sekedar foto – foto saja ataupun foto komersil seperti prewedding dan foto model.

Parang Kusumo

Sumber Gbr: piknikasik
Sumber Gbr: piknikasik

Letaknya di area pantai selatan Bantul, ditempat ini terdapat lebih dari satu lokasi foto. Diantaranya adalah Gumuk Pasir, Landasan Terbang hingga Bukit Paralayang / Parangndog. Di lokasi gumuk pasir kita bisa berfoto menggunakan Sand Bording atau hanya sekedar memanfaatkan luasnya gumuk pasir. Tepat berada di sebelah selatan Gumuk Pasir terdapat Landasan Pacu yang biasa di gunakan untuk aktifitas paralayang maupun event – event tahunan seperti Jogja Air Show. Levitasi dan jump shot menjadi tema yang paling sering di gunakan di kedua lokasi ini. Jika kurang puas dengan kedua lokasi tersebut anda bisa sedikit naik ke arah timur Pantai Parangtritis untuk mengambil gambar pantai selatan dari ketinggian Bukit Parangndog.

Kalibiru

Sumber Gbr: jadiberita
Sumber Gbr: jadiberita

Bisa dibilang spot foto di Kalibiru menjadi pioner bermunculannya objek wisata perbukitan dengan menara pandang diatas pepohonan. Kini hampir di setiap objek wisata perbukitan di Jogja terdapat menara pandang. Foto landscape menjadi tema yang favorit dan sering digunakan untuk mengabadikan foto di lokasi ini. Selain itu lokasi di tempat ini juga berdekatan dengan objek wisata Waduk Sermo. Waduk dengan beragam fasilitas wisata yang baru – baru ini meluncurkan ‘getek’ yang dirakit dari bambu yang diberi nama Taman Rakit Bambu Sermo sebagai sarana penarik wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *