5 Desa Wisata Pilihan di Yogyakarta

Desa wisata rekomendasi di Jogja bisa menjadi pilihan untuk menikmati waktu liburan, terlebih jika bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Melakukan liburan ke berbagai tempat wisata seperti misalnya ke pantai, ke pegunungan atau bahkan ke area perkotaan yang lebih modern seperti halnya mall mungkin sudah biasa. Oleh karena itu, jika ingin berwisata yang lebih unik dan juga lengkap, melakukan perjalanan dengan berwisata ke desa-desa akan lebih membuat tubuh dan juga pikiran lebih rileks.

Seperti yang telah terbayang di benak mereka para wisatawan barangkali, wisata desa tentunya merupakan suatu wisata yang memberikan suguhan yang masih alami. Mulai dari adat, budaya, dan yang terpenting adalah suasananya yang umumnya masih kental dengan nuansa alam.

Desa wisata yang ada di Jogja

Siapa yang tidak mengenal kota Jogja. Daerah istimewa ini memiliki banyak keistimewaan terutama soal destinasi wisatanya. Salah satu yang paling dikenal yaitu tentunya wisata bersejarah yang ada di sana, seperti halnya mengunjungi candi, museum, atau juga pasar tradisionalnya yang selalu menjadi buruan para wisatawan dan telah terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Tak kalah menariknya lagi, melakukan liburan di desa wisata juga dapat menjadi pilihan tepat untuk menikmati waktu liburan yang berharga bersama keluarga. Berikut lima desa wisata yang dapat dijadikan rekomendasi untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata, di antaranya yaitu sebagai berikut ini;

Desa wisata Kalibuntung

Source by: kayakingjogja
Source by: kayakingjogja

Desa wisata ini berada di kawasan bagian Selatan dari pusat kota Jogja, tepatnya berada di Dusun Tangkil, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa wisata ini telah dirintis menjadi salah satu objek atau destinasi wisata di daerah istimewa tersebut bahkan sejak enam tahun silam, atau pada tahun 2010 lalu. Untuk mencapai desa wisata ini dari pusat kota Jogja, hanya akan menempuh jarak sekitar dia puluh tiga kilometer dengan aksesnya yang dapat melewati jalan Parangtritis. Desa wisata Kalibuntung memiliki suasana yang akan menyambut para wisatawan dengan kesejukannya, karena banyaknya pepohonan yang masih alami di sana. Selain itu juga, ciri khas dari sebuah desa yang masih dekat dengan alam tentunya mengenai aktifitas keseharian masyarakat yang sebagian besar adalah petani. Baik itu kebudayaan tradisionalnya yang masih berciri khas, hingga soal kuliner dan juga kerajinan khas yang dimiliki oleh warga sekitar, menjadikan desa ini sebagai salah satu desa wisata yang dirintis di Jogja. Selain itu juga, jika bermain ke desa wisata ini, para pemuda masyarakat setempat akan memberikan wahana seperti halnya outbound yang banyak digemari oleh para kalangan anak muda. Dengan kondisi perkampungan yang cukup asri, para penduduk setempat juga menerima kehadiran pengunjung dengan baik. Kurang ebih terdapat dua puluh jenis kegiatan yang berkaitan dengan outbound di desa Kalibuntung ini.

Baca!  Kebun Teh Nglinggo, Menikmati Alam Dengan Secangkir Teh

Desa wisata Jelok

Source by: DesawisataJelok
Source by: DesawisataJelok

Sering juga disebut sebagai “Dewi Elok” yang berada di Jelok, Beji, Patuk, Gunung Kidul, dengan tawaran paket wisata yang akan mengisi liburan dengan gaya khas alami dari sebuah pedesaan tradisional. Tempat menginap yang ditawarkan juga sangat sederhana namun hangat. Karena para pengunjung dapat menginap di rumah-rumah yang dibangun dengan berdinding bambu, sehingga sangat cocok juga dengan lokasi di sekitarnya. Selain itu juga, para penduduk di desa wisata Jelok sangat ramah sehingga akan membuat lebih betah untuk berwisata di sana. Bukan hanya kegiatan semacam outbound yang bisa dilakukan di desa wisata Jelok, melakukan kemping atau sekedar melakukan rutinitas dari aktifitas para penduduk setempat, mulai dari ikut bertani, membuat biogas, dan lain sebagai juga menjadi salah satu wisata yang dapat dilakukan di sana. Selebihnya juga terdapat wahana arum jeram sambil menyusuri keindangan sungai Oya yang ada di sana.

Desa wisata Kebon Agung

Source by: jogjaempatroda
Source by: jogjaempatroda

Desa ini memiliki udara sejuk dengan hamparan sawahnya. Tentunya pemandangan alam yang cantik ini menjadikan desa Kebon Agung sebagai salah satu destinasi wisata di areal pedesaan yang identik dengan pertanian dan juga budayanya yang masih kental. Sehingga para pengunjung akan mendapatkan pengalaman dari kehidupan budaya yang khas, ciri dari sebuah pedesaan. Berada di daerah Kebon Agung, Imogiri, Bantul Jogjakarta, desa wisata ini hanya akan menempuh waktu tiga puluh menit dari kota Jogja. Di sini, para wisatawan dapat melakukan kegiatan yang dilakukan oleh para penduduk setempat. seperti misalnya menanam padi, membajak dengan menggunakan kerbau, memancing, menggaru, membuat tembikar ataupun kerajinan yang lainnya, membatik, menghias caping, hingga membuat beragam kuliner seperti halnya telor asin, kue apem, kue cemplon dan lainnya. Selain itu, jika tertarik dengan seni, dapat juga belajar tari jathilan di desa ini.

Baca!  Rafting Kali Elo di Magelang

Desa wisata Kalakijo

Source by: humaspolsekpajangan
Source by: humaspolsekpajangan

Berada di Dusun Kalakijo yang ada di kawasan bagian Barat kota Bantul, tepatnya di sebelah Selatan Goa Selarong atau desa Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Desa ini sangat menjaga kelestarian dari nuansa dan suasananya yang kental akan kehidupan pedesaan. Para pengunjung juga bukan hanya menikmati wisata alam yang asri, tetapi juga wisata kuliner dengan resep dan juga cara memasak yang masih tradisional tentunya.

Kawasan wisata Watu Lumbung

Source by: outingjogja
Source by: outingjogja

Dapat melakukan wisata sambil belajar. Sehingga desa ini juga disebut sebagai desa wisata edukasi karena tawaran paket wisatanya yang akan memperkaya ilmu pengetahuan para pengunjung. Berada di Bukit Watu Lumbung, Parangtritis, Kretek, Bantul ini memiliki areal hutan pohon jati sehingga keindahan dari panorama alamnya sangat menakjubkan. Baik bangunannya yang masih berupa kayu, maupun perabotnya yang masih memberikan kesan alami dari desa wisata ini.

Itulah ke lima desa wisata yang direkomendasikan untuk menikmati waktu liburan dengan suasana dan juga alam yang jauh dari hiruk pikuk dan juga polusi. Maka desa wisata rekomendasi di Jogja dapat menjadi pilihan untuk berlibur bersama dengan teman maupun keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *